Sabtu, 22 Mei 2010

Jadikan Kamera Ponsel Sebagai Webcam


Ini Solusi bagi kamu yang ingin chatting tapi tidak memiliki webcam. Kurang seru lo kalau chatting tidak menggunakan webcam, apalagi chatting di Camfrog, Tak diperhatiin sama sekali kalo gak pake webcam. Ada Software yang dapat digunakan sebagai media untuk mengintegrasikan kamera ponsel kamu sebagai web camera. Asalkan ponsel kamu memiliki fitur kamera dan merupakan ponsel jenis Symbian, karena diperlukan aplikasi tambahan yang akan di instal pada ponsel (Handphone). Ingin tau langkah apa saja yang perlu dilakukan untuk merubah kamera ponsel kamu sebagai webcam??? Silahlan Baca Artikel ini sampai habis ya.
Langkah-langkah yang perlu dilakukan yaitu:
Yang Pertama:
Ponsel kamu harus bisa terhubung ke komputer baik melalui USB, Bluetooth, atau wireless. Tentunya kamu harus menginstal driver perangkat yang digunakan. Jika menggunakan Handphone Nokia seperti yang penulis gunakan (NOKIA N73.red), silahkan download Nokia PC Suite Disini. Atau jika menggunakan Handphone Sony Ericsson silahkan mendownload Software Sony Ericsson PC Suite.
setelah Handphone dapat berinteraksi dengan komputer maka dapat dilanjutkan langkah berikutnya.
Langkah Kedua:
Lakukan instalasi Mobiola Webcamera. Aplikasi yang disediakan ada dua yaitu aplikasi yang harus di instal di PC dan aplikasi yang akan di instal di handphone. Lakukan Instalasi pada Komputer seperti biasa. Kemudian instal aplikasi pada handphone menggunakan PC Suite atau instal langsung menggunakan ponsel menggunakan File Manager. Jika instalasi keduanya telah berhasil, lanjutkan langkah selanjutnya.
Langkah Ketiga:
Jalankan Aplikasi Mobiola yang terinstal pada komputer pilih pada USB jika menggunakan Port USB, (sesuaikan dengan device yang digunakan). Hubungkan Handphone dengan komputer dan pilih modus PC Suite.
Pastikan Penutup kamera terbuka jika kamera menggunakan penutup, kemudian jalankan aplikasi Webcam yang telah terinstal di Handphone. Setelah itu pada Pilihan, pilih Connect kemudian pilih jenis koneksi yang digunakan (USB Misalnya). Ha.. ha .. lihat hasilnya, Ponsel mu berubah fungsi jadi webcamera yang siap digunakan buat chatting. Inilah screenshoot webcam yang penulis praktikkan menggunakan NOKIA N73 dan USB Data cable.






Baca Artikel Menarik Lainnya:

19 komentar:

  1. Wah, Info yang bagus kang. Tak coba dulu ya.

    BalasHapus
  2. @Anonim: Silahkan dicoba mas, semoga membantu...

    BalasHapus
  3. itu software versi trial ya ???
    punya yang full gak ????

    BalasHapus
  4. Untuk saat ini kita cuma ada yang versi trial mas. Atau kalau ada teman lain yang punya crack nya silahkan di share ya,.,.,

    BalasHapus
  5. jadul tu mang..... cari yg baru donk.............

    BalasHapus
  6. @Sutiaji: Yang baru apaan? di Share aja,.,.

    BalasHapus
  7. kalo udah punya cracknya tolong kasih tau ya ???

    BalasHapus
  8. gmn cara dapetin Mobiola Webcamera untuk symbian nya mas, pa cukup pc suite aja????

    BalasHapus
  9. Aplikasi mobiola webcamera buat symbian nya langsung jadi satu dengan file instalan untuk PC, tinggal diekstrak aja file zip nya...

    BalasHapus
  10. saya mencoba menggunakan kamera HP (6720C) sebagai webcam dgn software mobiola, hasilnya bisa, namun kenapa ketika dideteksi dengan skype tidak ada? bisa bantu saya? terima kasih

    BalasHapus
  11. Kemungkinan aplikasi Skype tidak support dengan mobiola, atau malah sebaliknya...

    BalasHapus
  12. sip-sip terus mencoba dan mencoba share pengetahuan anda

    BalasHapus
  13. Coba download link dibawab ini,
    http://rs766l33.rapidshare.com/files/299333295/3032583/mobiola.web.camera.for.windows.mobile.v3.1.8.incl.keymaker.rar

    BalasHapus
  14. Kang,koq g ada Aplikasi Webcam Hpx?..,klw m dpat dimna?..

    BalasHapus
  15. pas banget tu gan hp Q n73 jarang di pakek,
    tanks infonya gan, , ?

    BalasHapus

"Blog DOFOLLOW - Jadilah Orang pertama yang memberikan komentar. Budayakan Berkomentar setelah membaca". Berikan Komentar anda,. Komentar anda sangat berguna bagi perkembangan blog ini. Terima kasih.