Jumat, 11 Mei 2012

Cara Melaporkan Penipuan Transaksi Online

Cara Melaporkan Penipuan Transaksi Online - Penyelesaian secara musyawarah adalah jalan terbaik, tapi kalo tetap tidak ada iktikad baik baru agan coba tempuh jalur hukum.

Tahap pelaporan ke kantor polisi:

1. Print out bukti-bukti (seperti: bukti transaksi, percakapan, no hp/telp, alamat, link/website tersangka penipu, form order, link dan berita bahwa orang tersebut penipu). Tanpa data/bukti transfer/bukti pembayaran dijamin HOAX!

2. Buat laporan ke kantor polisi di bagian SPK (sentral pelayanan kepolisian) bisa polsek/kantor polisi terdekat untuk mendapatkan surat keterangan.
Tahap pelaporan ke bank
  • Laporkan ke bank agan. Misalnya, pake BCA. Adukan aja ke HALO BCA (pengaduan kriminal BCA)
  • Bank tsb akan memproses laporan agan lebih lanjut, dengan cara :meminta agan menceritakan detail perkara scr rinci dan benar apa adanya, menyertakan bukti transfer dan bukti laen yang mendukung disertai materai, minta bukti laporan ke kantor polisi, setelah semuanya dapet, masukkan dalam 1 amplop dan kirim ke bank tsb
  • Tunggu beberapa hari, Bank akan memproses laporan agan
  • Bila laporan agan diterima, rekening tersangka akan terblokir, dan apabila tersangka mau membuka rekening harus ke kantr cabang tempat ia membuka rekening, dan sebelum di buka blokiran rekeningnya, ktr cabang tersebut akan konfirmasi ke kntr cabang tempat agan melapor.
  • Agan tinggal menunggu progres sampai si tersangka melapor ke bank untuk membuka rekeningnya. Baiknya agan terus pantau progres kasus agan sudah sampai sejauh mana.
  • Setelah si tersangka lapor, apabila dana di rek tersangka mencukupi, maka dana agan akan di transfer balik. Jadi agan harus cepat lapor ke pihak bank agar dana yang ada di rek tersangka belum di tarik tunai. apabila sudah di tarik semua dananya besar kemungkinan uang agan sulit kembali, karena si tersangka bisa jadi akan membuka rekeking baru.
Semoga mambantu.  Lain kali hati2 dalam bertransaksi online, pake jasa rekber biar aman. Atau terlebih dahulu baca panduan 7 Tips aman agar terhindar penipuan toko Online.

Baca Artikel Menarik Lainnya:

62 Komentar:

Poskan Komentar

"Blog DOFOLLOW - Jadilah Orang pertama yang memberikan komentar. Budayakan Berkomentar setelah membaca". Berikan Komentar anda,. Komentar anda sangat berguna bagi perkembangan blog ini. Terima kasih.