Kamis, 25 Oktober 2012

Cara Mudah Mengolah Daging Kambing

Cetar... cetar.. cetar... Besok mau Lebaran Haji nih, gak sabar mau pulkam. Tapi masih ada masalah nih bro, hari ini ceritanya lagi galau, bukan cuma gw tapi untuk semua karyawan sekantor gue. Masalahnya, Besok lebaran dan hari ini, bahkan sampai detik tulisan ini dibuat, gaji belum juga masuk ke rekening, hadeehhh kemana aja nih bos, ga ngerti apa sore ini mau pulang kerumah dengan wajah yang bisa dibilang waww gitu, sambil membawa oleh2 berupa Syrup Marjan + Kue dan Ampao buat keponakan. Kalau begini ceritanya, terus ending nya gimana kira-kira ya?? bisa dibilang pelit lah sama Nyokap.


Finally, siang ini di kantor cuma bengong-bengong aja gak karuan, ketawa-ketawa gak jelas, biar dibilang plong gitu, sambil terus cek rekening via internet banking, cari kesibukan di komputer. Dari pada galau terus, pikiran gak karuan, mending saya share "Cara mudah mengolah daging kambing". Pasalnya apa??? Besok kan mau lebaran kurban, nahh,, pasti banyak dapet daging kambing nih dari tetangga. Biar tuh daging gak lalatan dan gak busuk gitu aja, mendingan kita liat deh, trik-trik mengolah daging kambing. Tos dulu...


Next.. kita lanjutkan..
Biasanya ibu-ibu akan kesulitan mengolah daging kambing, karena selain dagingnya yang sedikit alot juga mengandung bau prengus yang tidak enak.


Tidak usah khawatir, Chef Deden Gumilar, pakar kuliner tradisional akan memberikan beberapa tip dalam mengolah daging kambing, berikut ini:

1. Hindari mencuci daging dan mengolahnya secara langsung setelah disembelih karena akan menimbulkan bau prengus yang tajam.

2. Untuk daging kambing yang akan langsung diolah, cara tradisional yang terbukti ampuh membuat daging empuk dengan membungkus daging dengan daun pepaya atau membalurinya dengan jus atau parutan nanas.

3. Sedangkan untuk daging yang masih menempel pada tulang, lakukan pencucian daging dengan merebus hingga mendidih, beserta lengkuas, jahe, daun salam atau daun jeruk, dan batang sereh.

4. Gunakan api sedang agar olahan daging kambing empuk dan bumbu meresap. Untuk masakan kambing yang berkuah, Chef Deden menyarankan agar daging dimasukkan ke dalam wadah setelah bumbu ditumis. Lalu olah sampai matang sehingga bumbu lebih meresap dan daging empuk. Jika dibuat untuk sate maka lumuri dengan bumbu dan diamkan beberapa saat.

Menurut Chef Deden, mengolah daging kambing pada dasarnya sama dengan mengolah daging lainnya. Tapi harus diawali dengan pemilihan daging mentah yang segar.

"Jika prosesnya diikuti, maka mengolah daging kambing sebenarnya tidak sulit dan sangat mudah. Semoga di hari Idul Adha ini, sajian daging kambing di rumah Anda bisa lebih nikmat," harap Chef Deden. 
Saya, admin Martapura Cyber mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Adha 1433 H.

Referensi: Yahoo

Baca Artikel Menarik Lainnya:

2 komentar:

  1. aku cuma baca paragraf pertama dan kedua, gaya bahasa dari tulisannya enak dibaca, itu salah satu alasan saya mengapa menyukai blog ini dari dulu, kalau masalah pengolahan daging kambing saya ga mau tau, yang saya tau kalau udah masak langsung sikat..........!!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha, bener banget tuh bro, informasi ini kayak nya buat ibu2 ya,, ga pa pa deh, biar pengunjungnya variatif.. hehe..

      kita sebagai kaum adam, cuma bisa makan mentahnya aja, eh salah mksud nya yang uda mateng jha,,, hihi,, like that

      Hapus

"Blog DOFOLLOW - Jadilah Orang pertama yang memberikan komentar. Budayakan Berkomentar setelah membaca". Berikan Komentar anda,. Komentar anda sangat berguna bagi perkembangan blog ini. Terima kasih.