Selasa, 31 Maret 2015

Berburu Batu Akik di Baturaja

Berburu Batu Akik di Baturaja - Assalamu'alaikum Wr.Wb, Selamat Pagi dan salam sejahtera untuk kita semua.

Bicara soal Batu, memang tak pernah ada habisnya. Demam batu di sejumlah daerah seolah membius warga untuk terus memburu sejumlah batu-batu mulia, seperti batu akik dan beberapa jenis batu lainnya. Ada banyak cara yang dilakukan oleh warga untuk mendapatkan batu-batu ini, ada yang sekedar hobi dengan mencarinya di tempat-tempat penjualan batu, ada yang hanya sekedar ikut-ikutan rekan yang sebenarnya tidak begitu suka, tapi karena trend jadi tak mau ketinggalan, namun ada juga yang menjadikan moment ini sebagai ladang bisnis untuk mendapatkan banyak keuntungan, bahkan rela membangun tenda di tepi-tepi sungai demi untuk mendapatkan batu ini langsung dari sumbernya.

Sepertinya Warga kabupaten Ogan Komering Ulu pun tidak mau ketinggalan, jika kita lihat saat ini hampir disepanjang jalan Baturaja banyak terdapat jualan batu, baik batu yang sudah berupa cincin maupun batu yang masih berupa bongkahan siap untuk diasah menjadi batu idaman. Dan memang peminatnya pun banyak dan berasal dari semua kalangan, mulai dari anak kecil hingga yang sudah tua, dari kalangan orang  biasa sampai pejabat, semua seolah terbius dengan fenomena ini. Sepertinya kita sudah kembali ke Zaman batu lagi. Tapi kali ini, batu-batu yang digunakan bukan sebagai alat perkakas untuk berburu, melainkan dijadikan sebagai perhiasan, sungguh tidak disangka. 
 Peminat Batu semakin ramai di hari minggu (Sumber foto: Tribun News)


Mengenai jenis batu, ada beberapa jenis batu yang mungkin sangat familiar di kalangan pecinta batu akik di Baturaja. Beberapa diantaranya adalah Lavender dan Spirtus. Dikutip dari eraberita.com Batu Lavender adalah salah satu dari sekian banyak jenis batu mulia asli alam Indoneisa dan saat ini tengah menjadi buruan banyak kolektor, baik dalam maupun kolektor mancanegara. 

(Sumber foto: Caraunik.com)

Corak dan tingkat kekerasan yang dimiliki batu ini menjadi daya tarik tersendiri, sehingga banyak kolektor mengincar batu asal Kabupaten OKU (Ogan Komering Ulu) ini dengan harga tinggi. Bahkan menurut Ketua Komunitas batu Akik OKU Hendra Setiawan, Harga batu Lavender berkualitas anggur dan spritus bisa mencapai ratusan juta rupiah. Namun tetap harus berpegang pada kualitas karena banyak batu sejenis yang kurang berkualitas sehingga harga bisa murah. Menurut Hendra pernah ada batu spritus dihargai Rp. 150 juta sampai Rp. 175 juta.

(Sumber foto: eraberita.com)

Bagaimana??? Apakah anda berminat untuk mendapatkan batu akik ini untuk meraup keuntungan??? Tenang saja, anda bisa mewujudkannya, dengan tekad dan kemauan yang kuat. Untuk mendapatkan batu berkualitas bagus seperti jenis Lavender dan Spirtus menurut Hendra, bisa di cari di Desa Simpang Empat dan Desa Segara Kembang, Kecamatan Lengkiti dan batu itu tidak ditemukan di dasar sungai Ogan.
Kalau anda berhasil mendapatkannya, ada satu pesan saya, jangan Lupakan kaidah asli batu akik sebagai perhiasan, bukan sebagai Kesyirikan, semoga bermanfaat. Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

Sekedar Intermezzo, ini lah penampakan salah satu pentolan Baturaja jika anda berminat berkunjung sambil berburu Batu Akik.

Note:
Tulisan ini saya dedikasikan untuk turut serta meramaikan Lomba Blog AKMI Baturaja 2015.

undefined
undef

Baca Artikel Menarik Lainnya:

5 komentar:

  1. Informasi menarik. Saat ini, Batu akik memang sudah menjadi trend baru di semua kalangan, Seperti batu bacan dan batu kecubung. Ada yang mengisinya dengan energi pelet supaya lebih mudah dikasihi banyak orang. Jika kamu tertarik dengan Ilmu Pelet Gratis,
    silakan KLIK DISINI>> Ilmu Pelet.

    BalasHapus
  2. PROMO DI BULAN SUCI RAHMADHAN DISKON HINGGA 20%..
    YUANITA ONLINE SHOP
    PIN BB: 24E51B76
    Kami Adalah Pusat Penjualan Handphone, Camera, Laptop DLL,,,
    Produk yang kami Tawarkan Merupakan Barang (BM), Original,NEW, dan masih tersegel..
    Bergaransi 1 Tahun..
    kalau berminat silahkan inveted PIN BB : 2ACFF2DB

    BalasHapus
  3. mantap nian hargo batunyo mang. kalo yang belum di bentuk berapo hargonyo

    BalasHapus

"Blog DOFOLLOW - Jadilah Orang pertama yang memberikan komentar. Budayakan Berkomentar setelah membaca". Berikan Komentar anda,. Komentar anda sangat berguna bagi perkembangan blog ini. Terima kasih.