Senin, 22 Februari 2010

Microsoft Tuding Malware Sebabkan BSOD


Lagi-lagi, rumor BSOD kembali menyeruak. BSOD kali ini bukanlah Black Screen Of Death, namun Blue Screen of Death.
Sebuah deteksi rootkit yang dilakukan Microsoft menyebabkan sistem Windows XP mengalami crash.
Akibat kabar ini, banyak pengguna Windows yang mulai membanjiri forum Windows. Banyak di antara mereka yang mengatakan setelah melakukan update Windows pada Selasa (9/2), komputer mereka mengalami tragedi BSOD. Alhasil, dua hari setelah keluhan yang dilontarkan melalui forum tersebut, Microsoft pun menghentikan update MS10-015, yang diduga menjadi penyebab utama terjadinya BSOD.
Kemudian, satu hari setelah penghentian update MS10-015, Microsoft akhirnya mengeluarkan kesimpulan awal, yang mengatakan bahwa malicious software (malware) mugkin menjadi penyebabnya. “Malware pada sistem dapat menyebabkan perubahan perilaku [komputer],” tulis Jerry Bryant, seorang juru bicara Microsoft melalui blog perusahaan. “Meski demikian, kami masih menyelidiki penyebab potensial lainnya,” imbuh Bryant.
Sementara itu, seorang pengguna Windows XP yang bernama Patrick Barnes mengatakan bahwa dirinya akan menelusuri masalah tersebut ke sebuah program jahat yang dikenal sebagai rootkit TDSS. Dalam sebuah posting-nya ke Internet Strom Center, Barnes mengatakan bahwa dirinya sudah mengidentifikasi file di sistem nonworking yang disebut atapi.sys. Yang mengagetkan, ketika ia menganalisa file tersebut, ternyata file berubah menjadi TDSS rookit. Dari sejumlah laporan yang diterima, atap.sys merupakan penyebab paling umum terjadinya tragedi layar biru pada Windows. Seperti yang dikutip dari: Info Komputer.
print this page Print This Article

Baca Artikel Menarik Lainnya:

0 Komentar:

Posting Komentar

"Blog DOFOLLOW - Jadilah Orang pertama yang memberikan komentar. Budayakan Berkomentar setelah membaca". Berikan Komentar anda,. Komentar anda sangat berguna bagi perkembangan blog ini. Terima kasih.