Senin, 20 Februari 2012

Nada Dering Ponsel Paling Mengganggu

Riset Buktikan Ringtone Ponsel Rusak Konsentrasi - Ghiboo.com - Pastikan selalu untuk mengubah ringtone ponsel Anda menjadi mode diam (silent). Penelitian terbaru menemukan bahwa ringtone ponsel merusak konsentrasi saat seseorang sedang memecahkan masalah dalam pekerjaan, maupun saat ujian di sekolah/kuliah.

Para peneliti di Washington University di St Louis menyatakan bahwa ringtone ponsel telah mempengaruhi kinerja fungsi kognitif seseorang terutama saat ringtone ponsel berbunyi dengan lagu-lagu populer.

"Banyak yang menganggap ringtone ponsel di tempat umum menjadi gangguan yang menjengkelkan, namun studi ini menegaskan bahwa suara-suara gangguan tersebut berdampak pada kehidupan nyata," papar Jill Shelton, dilansir melalui Dailymail, Jumat (17/2).

Untuk membuktikannya, peneliti melakukan penelitian dengan meminta mahasiswa untuk duduk di tengah keramaian kelas dan membiarkan ponsel di tangannya terus berdering keras selama 30 detik.

Hasilnya, mahasiswa yang terpapar ringtone ponsel sebelum ujian mendapat nilai 25% lebih buruk dari yang tidak. Hasil nilai ujian buruk lebih dirasakan si pemiliki ponsel, karena kepanikan mereka untuk mencari tas dan berusaha untuk mematikan ponselnya.

Namun, yang paling mengejutkan, temuan yang dipublikasikan dalam Journal of Environmental Psychology ini juga menemukan mereka yang terpapar ringtone ponsel dengan lagu-lagu populer dan menyukai lagu tersebut lebih berimbas memiliki nilai lebih buruk. "Tergantung seberapa populer orang dengan lagu yang dijadikan ringtone ponsel, maka akan semakin buruk bagi fungsi kognitif mereka," tambah Shelton.
Sumber: Yahoo News

Baca Artikel Menarik Lainnya:

2 komentar:

  1. Halo mas,masih berminat tukar link dengan blog newbie saya ??

    BalasHapus

"Blog DOFOLLOW - Jadilah Orang pertama yang memberikan komentar. Budayakan Berkomentar setelah membaca". Berikan Komentar anda,. Komentar anda sangat berguna bagi perkembangan blog ini. Terima kasih.