Minggu, 18 Maret 2012

Cara Membuat Blog Banyak Komentar

Cara Membuat Blog Banyak Komentar - Mau Share Sedikit nih tentang Blog, tips ini saya dapatkan dari rekan blogger (silahkan dilihat di akhir postingan. Siapa sih yang tidak ingin mempunyai banyak komentar pada blognya ? Biasanya pada blog-blog yang masih baru akan sangat sulit mempunyai banyak komentar pada artikelnya. Lalu bagaimana sih tips dan trik untuk memiliki banyak komentar pada setiap artikel blog kita ? Berikut beberapa tips yang dapat saya sampaikan menurut pengalaman saya sendiri.

1. Blogwalking

Cara ini memang sudah terdengar populer di kalangan blogger, Blogwalking adalah semacam mengunjungi blog orang lain selain blog yang kita punya. Namun saat kita melakukan blogwalking, saya sarankan jangan hanya membuka blog orang tersebut dan mengisi Cbox / ChatBox saja. Usahakan untuk berkomentar pada salah satu artikel yang kita kunjungi, maka Admin blog pun akan berkomentar balik ke blog kita.

2. Hilangkan Widget Cbox / ChatBox

Dengan menghilangkan widget ini, orang yang tadinya hanya bisa menyebar spam dan berkomentar pada chatbox akan beralih berkomentar pada artikel kita.

3. Hilangkan Fitur Capcha

Captcha pada moderasi komentar memang bagus untuk menghindari atau meminimalkan komentar-komentar yang bersifat spam, Namun jika kita menghilangkan Capcha ini akan mendapatkan efek yang sangat besar karena orang-orang biasanya suka malas mengisi capcha itu sendiri (termasuk saya sih :p hehehe).

4. Komentari Artikel Blog Lain

Berkomentar pada blog orang lain adalah untuk menghargai admin blog tersebut, jika kita berkomentar pada salah satu artikelnya, admin juga akan membalas komentar ke blog kita namun etika berkomentar juga jangan dilupakan seperti berkomentar sesuai artikel, bersifat sopan, tidak mengandung SARA. Jangan hanya berkomentar seperti "pagi :)" "good", dan lain-lain.

5. Jangan Ragu Untuk Meminta Komentar

Janganlah ragu atau malu untuk meminta komentar orang lain terhadap artikel-artikel kita. Blogger baru seperti saya pun sesekali meminta orang lain berkomentar pada blog saya jika tidak begitu maka blog ini pun seperti kuburan hehehe. 

6. Balas Setiap Komentar

Setelah orang lain berkomentar pada artikel kita, usahakan untuk membalas setiap komentar yang ada. Selain untuk menghargai pengunjung blog kita, dengan membalas komentar tersebut akan membuat pengunjung senag terhadap komentar-komentar yang bersifat pertanyaan.

7. Pasang Atribut Do Follow

Yah tidak ada salahnya juga kan mengubah blog yang kita punya menjadi blog do follow untuk berbagai Link gratis, selain berguna untuk menarik perhatian pengunjung blog, blog Do Follow juga memiliki berbagai macam kegunaan lain seperti dapat meningkatkan traffic blog kita. Namun jangan lupa gunakan fitur moderasi komentar yakni komentar harus di setujui terlebih dahulu tanpa menggunakan fitur capcha yah.

8. Gunakan Kosakata Yang Baik

Pengunjung blog kita biasanya tidak hanya ada di dalam negeri namun dari seluruh dunia, jadi saya sarankan kamu untuk menggunakan kosakata yang baik dan benar agar jika kita memiliki fitur penerjemah seperti google translate, orang lain dari luar negeri dapat mengerti artikel yang kita tulis.

9. Buat Pengunjung Penasaran

Loh kok membuat pengunjung penasaran ? yap hal ini juga berguna loh, misalkan kita membuat suatu artikel yang bersifat lanjutan seperti "jalan-jalan ke kota tua bagian 1". Dengan membuat artikel seperti itu, pengunjung akan tertarik untuk berkomentar karena penasaran dengan cerita selanjutnya tetapi kita juga harus membuat artikelnya yang bagus dan bermanfaat bagi orang lain sehingga pengunjung betah berlama-lama di blog kita.

10. Beri Judul Yang Kontroversial

Tidak dapat diragukan jika kita memasang judul yang kontroversial terlebih lagu berbagai macam isu yang sedang hangat di masyarakat akan membuat pengunjung terpancing untuk berkomentar pada artikel kita walaupun komentar tersebut akan bersifat positif atau negatif dan jika ada komentar yang terlalu negatif kita juga bisa menghapusnya secara manual. ya walaupun cara ini tidak saya anjurkan namun hanya saya beritahu hehe.

Itulah beberapa tips dari saya sendiri dan jika teman-teman sekalian ada yang punya ide untuk membuat blog kita banyak komentar bisa kamu ketik komentar kamu di bawah ini. Pertanyaan, kritik, saran juga boleh di ketik di kotak komentar dibawah ini :)

Sumber: http://hzndi.blogspot.com/2012/03/cara-membuat-blog-banyak-komentar.html

Baca Artikel Menarik Lainnya:

15 komentar:

"Blog DOFOLLOW - Jadilah Orang pertama yang memberikan komentar. Budayakan Berkomentar setelah membaca". Berikan Komentar anda,. Komentar anda sangat berguna bagi perkembangan blog ini. Terima kasih.