Senin, 02 April 2012

Jadilah Blogger yang Cerdas | Award Dari Sahabat Blogger

Jadilah Blogger yang Cerdas - Dalam sebuah forum di sebuah halaman pesbuk, ada seorang user yang mengklaim tentang judul posting saya, entah siapa saya lupa namanya. Dia bilang "mengapa tidak diberi judul Download tema dream torch saja, kok malah diberi judul cara mengubah tampilan blackberry gemini menjadi onyx padahal intinya sama". Saya jawab dengan simple, supaya optimasi SEO nya berjalan. Untuk sekedar info beberapa bulan yang lalu saya pernah menshare sebuah tema blackberry gemini yang saya dapatkan dari blog sahabat. Karena tema ini sudah terposting di web, otomatis keyword nya telah populer, sehingga kalau saya gunakan keyword yang sama tidak akan menempati posisi 10 besar di google search engine atau bahkan tidak muncul sama sekali karena google tau itu artikel hasil plagiat. Dan anda tau hukuman buat plagiat??? Dicemo'oh kan dari dunia maya apalagi yang punya artikel, Oh my god. . .

WARNING: Wacana ini hanya untuk blogger pemula, bagi yang merasa senior silahkan untuk tidak melanjutkan membaca wacana ini. Tapi silahkan Skip Ke Paragraf 12 jika ingin mengetahui Award untuk Sahabat Blogger. Thanks.


Lanjut..
Pertimbangan berikutnya menurut pengalaman saya, terkadang ketika orang-orang di internet ingin mencari sesuatu di internet, sebelumnya dia tidak tau persis hasil apa yang akan didapatkan hanya memahami apa yang dia inginkan. Seperti misalnya, seseorang ingin mendownload game yang bertema kan hantu, tidak tahu apa nama game nya yang jelas temanya hantu-hantu lah (kebiasaan orang indonesia) maka dia akan mengetik di google dengan keyword "Download game hantu" (jangan ditiru, ini untuk pengguna internet level pemula). Ternyata dia mendapatkan sebuah game yang bertemakan hantu dengan nama "The House". Setelah dia mendapatkan game nya barulah dia tau kalau game hantu itu misalnya game The House. Nah untuk menyiasati kasus seperti ini, mungkin judul yang cocok ketika kita ingin menshare game ini yaitu "Download game hantu | The House". Kenapa tidak diberi judul "Download Game The House" ? Karena sudah pasti judul tersebut sudah banyak yang menggunakan terutama yang empunya game, otomatis postingan kita berada di urutan yang entah keberapa.

Lebih baik kita membuat judul yang berbeda tetapi mampu berada di halaman pertama google search engine dari pada membuat judul yang populer tapi tidak terindex di search engine. Apalagi blog yang page rank nya masih rendah, sangat sulit untuk bersaing di search engine. ibarat kata pepatah, lebih baik menjadi bintang di tempat yang gelap dari pada di tempat yang terang.

Ini hanya sedikit cerita untuk rekan-rekan blogger saya, agar kita lebih sedikit kreatif dalam memposting sebuah artikel, agar optimasi seo nya lebih terasa, One taste one spirit. Karena beberapa waktu yang lalu ada teman yang bertanya tentang bagaimana membuat sebuah blog yang menarik, mohon maaf karena baru sekarang bisa saya jawab, tapi agak menyimpang sedikit. Terus terang tidak ada maksud saya untuk menggurui rekan-rekan semua, saya hanya ingin membagikan apa yang saya ketahui. Karena seperti kata pepatah, apalah gunanya sebuah ilmu jika tidak bermanfaat buat orang lain. Terlebih karena saya adalah manusia biasa yang tidak luput dari salah dan khilaf.

OK saya lanjutkan....
Biarpun artikel yang kita posting hasil copas, lakukan 3 langkah, Copy-Modifikasi-posting, jangan asal Copas supaya artikel kita terlihat lebih kreatif dan bukan pasaran. Tunjukkan bahwa artikel tersebut memang benar-benar kita ulas dan kita sajikan sendiri, jika mengcopy lampirkan sumbernya.

Setelah optimasi judul berhasil, buatlah pengunjung supaya ingin berlama-lama di blog anda, mungkin saya juga belum berhasil menerapkan langkah ini. Langkah yang mungkin bisa dilakukan adalah membuat Artikel terkait atau related post, ini sangat efisien untuk meningkatkan page view. Apalagi sobat blogger mampu membuat judul posting yang bersifat kontroversial, sehingga pengunjung penasaran ingin membacanya. Apasih? Bagaimana sih? Apa hubungannya? Bla..bla..bla...

Selain itu..
Desain blog juga sangat penting agar pengunjung tidak bosan membolak-balik artikel anda. Buatlah tampilan yang simple dan enak dilihat usahakan tidak terlalu contrast dan tidak terlalu berat loadingnya, karena pengunjung akan sangat-sangat kesal menunggu loading blog anda. Karena seperti kata mantan pacar saya, hal yang paling membosankan adalah menunggu (Jiahh...). Dan jangan sekali-sekali meniru tampilan blog saya ini, karena sangat tidak menarik. Hahah...
Gunakan widget yang penting-penting saja, yang sekiranya mendukung. Buang widget yang tidak penting ke Recycle bin (wew... Emang ada) karena hanya akan memperlambat loading blog, Tapi jangan sampai melewatkan widget yang penting. Misalnya widget recent post, widget ini sangat penting untuk menunjukkan bahwa blog kita up to date, informatif dan ada penghuninya, siapa saja pasti akan enggan berkunjung ke rumah tua, heheh....

Setelah merasa menguasai artikel yang dibaca, maka seorang pengunjung yang aktif dan kreatif pasti akan mengeluarkan pendapat tentang apa yang ada di fikirannya. Setelah beberapa tahun ini saya faham sekali mana komentator yang memang benar-benar membaca dan memahami isi bacaan dan mana yang asal komentar hanya ingin mendapatkan backlink. Kita sebagai blogger tentunya sangat senang mendapatkan banyak komentar, tapi beda sekali rasanya mendapatkan komentar yang benar-benar real, ketimbang komentar yang hanya numpang duduk. Ini fakta. Tapi tetap kita hargai, untung-untung dikasih komentar, dari pada gak sama sekali, ya gak? Hahaha....

Jika anda seorang Blogger yang menginginkan banyak komentar (yang tidak, jangan ditiru) buatlah kemudahan bagi pengunjung untuk memberikan komentar pada blog anda, caranya? Non aktifkan fitur kode verifikasi pada form komentar, ini tidak terlalu penting karena gunanya hanya untuk mencegah spam sedangkan blogger terbaru sekarang sudah tersedia spam filter. Selain itu, menurut pengalaman saya banyak komentator yang terkecoh akibat kode verifikasi tersebut, karena mengira komentarnya sudah terposting kemudian terburu-buru ingin membaca artikel lainnya akhirnya form komentarnya keburu tertutup dan tidak terselesaikan padahal masih perlu diverifikasi agar berhasil diposting. Apalagi komentator yang terbilang malas, ah masak bodohlah... Ini yang bisa merugikan kita sebagai autor blog.

Kemudian hal lain yang perlu diperhatikan jika ingin blog kita banyak komentar, usahakan tidak terlalu memaksakan komentator. Ini terkait masalah ID komentator atau Profil ID. Perbolehkan pengguna Anonim untuk memberikan komentar, sehingga tidak hanya blogger yang memberikan komentar apalagi blog anda bertemakan entertainment yang digunakan secara umum. Karena banyak pengunjung anda tidak memiliki profil-profil yang tersedia di form pilihan komentar, sehingga tidak bisa memberikan komentar, ow.. Naif sekali. Selain itu kalau saya perhatikan seorang blogger lebih suka menggunakan pilihan Name/URL ketimbang menggunakan profil blogger, karena ketika orang lain ingin mengetahui komentator tersebut, maka otomatis komentator mendapatkan backlink ke url yang dia inginkan. Ini sangat efektif buat blogwalker.

Tapi ingat pesan saya buat blogwalker, jangan hanya sekedar memberikan komentar, apa salahnya kita berikan komentar yang agak nyambung sedikit jangan hanya meminta secara terang terangan untuk kunjungan balik. Seorang blogger yang baik tanpa dimintapun pasti akan mengunjungi komentatornya, apalagi jika komentarnya agak nyeleneh sehingga menimbulkan rasa penasaran pada sang admin, ga perlu deh kata-kata visit me back, pasti dikunjungi balik. Percaya sama saya.
Jadi mulai sekarang jadilah blogger yang cerdas, Blogger is Smart. Mari kita dukung blogger Indonesia untuk tetap eksis dan berkembang. Biarpun ga dapet duit dari blog, but sharing is sexy, you can express your self on your blog.

Izin Broadcast sebentar.
Tidak jelas mimpi saya semalam tentang apa, karena saya sangat capek jika akhir bulan karena tuntutan pekerjaan sehingga saya tidak terlalu memikirkan masalah mimpi. Tapi yang jelas, pagi ini saya sangat senang karena untuk pertama kalinya mendapatkan award dari sahabat blogger.

Ini dia Award nya:


Meskipun selama ini saya belum pernah memberikan award kepada rekan blogger, tapi rekan Aully telah sudih memberikan award nya untuk saya. Suatu kehormatan bagi saya menerima award ini, karena saya ini orangnya baik hati dan tidak sombong apalagi saya tidak ingin dikatakan serakah, maka saya akan membagi-baikan award ini kepada sobat blogger di bawah ini:
Siap-siap unjuk gigi ya...

  1. Meteor Foto
  2. Dunia Sharing
  3. Saling Sharing
  4. http://mrofiuddin.blogspot.com
  5. Blog Mas Chandra
  6. Ruang Sharing
  7. Sigodang Post
  8. Ibnoes Blog
  9. Ristina Blog
  10. Kang Pendelz
Buat Sahabat blogger yang namanya belum tercantum, bukan berarti saya tidak menganggap rekan-rekan sebagai sahabat blog, tapi mungkin karena belum waktu nya saya berikan. Sering-sering berkunjung ke blog saya agar saya hafal dengan kalian. Sekali lagi saya ucapkan terima kasih buat rekan blogger Aully yang telah memberikan award ini, semoga tali persaudaraan antar sesama blogger semakin terjalin erat. Amin.

Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!

Baca Artikel Menarik Lainnya:

61 komentar:

  1. setuju banget nih bang
    kadang malah banyak komentar yang asal keluar kaya kentut, oot, spam dll
    saya juga jadi terinspirasi nih buat nulis artikel ...

    O iya, saya juga jadi inget mau buat related post
    untung inget waktu baca posting yang satu ini
    :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thank you gan buar respon nya, tapi sepertinya sobat pelanggan baru di blog saya ya

      Hapus
  2. Super sekali artikelnya, sangat bermanfaat buat saya yang masih amatir alias newbie.

    selamat atas Awardnya, smoga makin sukses, amin..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thank you sob... wah nambah teman baru nih..

      Hapus
  3. nice share sob
    terima kasih sob udah mau berbagi awardnya
    ane ambil ya

    BalasHapus
  4. bener sekali sobat....Postingan itu yang Penting Tulisan sendiri...itu akan menjadi sesuatu yg membanggakan dan sebuah kepuasan bagi diri kita sendiri....dan selalu semangat untuk berbagi.....hadir disini sama ngambil bingkisan dari sobat...terima kasih awardnya y....boleh doonk di ambil...hehehehehhe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thank you sobat, silahkan diambil... hoho

      Hapus
  5. Sigodang Pos gag pernah kok ngelupain sobat. Wah, ini benaran teh Award ya buat Sigodang Pos? MpaCyber emank baik deh. makasih banyak ya sob buat Award ya. Salam Blogger.

    BalasHapus
  6. manfaat bgt ni buat saya yg newbie hehehe
    tx bro buat ilmunya

    selamat juga bagi yg dpt award

    BalasHapus
  7. selamat sore sob...! wahhh nama ane urutan pertama lagi... artikelnya mantef sob, setuju banget!!!...ijin ambil awardnya ya sob...! makasih sebelumnya, semoga blog sobat semakin rame pengunjungnya(amien..) salam semangat!!!!

    BalasHapus
  8. thankyou bro udah mencantumkan nama blog saya, happy blogging bro...

    BalasHapus
  9. Blogger ANTI COPY PASTE broo..

    BalasHapus
  10. thanks Saling Sharing udh dicantumkan kedalam list.. :) langsung saja saya posting

    BalasHapus
  11. lho ane ada gan ane baru ke sene lagi mohon maaf gan :)


    terima kasih gan awardnya, semoga blog ini dan yang empunya semakin sukses kedepannya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hoho... iya lah... sering2 berkunjung gan

      Hapus
  12. nice posting sob :D

    salam kenal ya :)

    BalasHapus
  13. OOT : di mana ya kotak komentarnya :D

    BalasHapus
  14. sorry sob lagi ada konsumen, di tambah bad connection! chat di FB aja gw dah Add lo!

    BalasHapus
  15. sekedar masukan sob, dulu aku juga buka opsi komentar utk bagian anonim, tp ternyata disalahgunakan oleh beberapa oknum blogger yg sengaja berkomentar sekedar utk mempromosikan blog komersilnya tersebut. dia berkomentar lbh dari 1 dlm 1 buah postingan, isi komennya sih biasa aja, mlh terkadang gak sesuai dgn isi artikelnya. tp dia sengaja memasang link yg berbeda disetiap komentarnya. aku lihat sih, dia gak berasal dari domain blogspot.makanya sejak saat itu aku hapus tuh opsi utk anonim. buat apa byk komentar tp berasal cm dari 1 org. betul gak?

    semoga ini menjadi masukan buat semua.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya sangat senang sekali mendapar respon Penghuni60, artinya sobat memahami apa yg saya tulis, saya suka ide kreatif nya. Tapi kalo menurut hemat saya sob, komentar yang tidak perlu kan bisa kita hapus tuh sebagai admin blog, jadi bisa kita filter mana yang sudah melewati batas, ini cuma pendapat. Tapi masing-masing diantara kita sebagai blogger mempunyai keinginan dan tujuan yang berbeda-beda. Akhirnya dengan segala kerendahan hati dengan tidak mengurangi rasa hormat saya, saya akhiri pidato ini (loh kok malah???) dengan mengucapkan terima kasih.. heha... Thank you buat masukannya...

      Hapus
  16. Saya termasuk blogger cerdas atau bukan ya? Sbb template saya dari dulu hingga sekarang tetep default, berikut juga form komentar dan tetek bengeknya. Pernah saya coba mengganti, tapi malah bikin tampilan amburadul hahaha...

    Masalah berkomentar sih, saya selalu menulis komentar di artikel yang saya mengerti dan anggap menarik. Jika artikelnya semua tentang script, html, hacking, koding yg saya sendiri gak mudeng meski baca dari awal sampai akhir... paling saya ucapkan terima kasih sudah berbagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah.. ini bukan masalah bagus nggak template nya gan.. kalo kita benar-benar menyimak, pasti komentarnya nyambung ..

      masalah sobat blogger cerdas apa bukan ane gak bisa nentuin gan...hehe

      Hapus
  17. Sobat,,,,saya punya hadiah lagi nih,,,,
    maaf saya ga bisa berlama2 di blog sobat,,krna saya jga lagi sibuk....salam sukses selalu..!!!

    BalasHapus
  18. broo..
    minta saran buat rumah baruku yaa !!

    http://cupitong.com/2012/04/cuaca-tak-stabil-di-jogja/

    maaf kalo spam..
    butuh bantuan..

    BalasHapus
  19. artikelnya bermanfaat buat blogb saya yang masih culun. hehehe. visit back yaaaa.

    BalasHapus
  20. wahhh...makasih mas oku atas awardnya... o iya tentang link mas oku yg terdelet saya minta maap karena pas repair hilang, sekarang dah terpasang lagi dan sekali lagi maap ya mas...

    BalasHapus
  21. makasih mas awardnya... oiya award dah saya posting lho... silahkan tanda tangan mas... :)

    BalasHapus
  22. Kembali berkunjung ke blog sobat

    BalasHapus
  23. datang ke blo ak dong http://andripu69.blogspot.com

    BalasHapus
  24. sependapat gan sama cara nentuin judul postingannya
    oh iya jangan lupa follow blog ane ya ntar pasti ane folback :)
    http://ryandizahdomo.blogspot.com/

    BalasHapus
  25. berkunjung di sore hari kawan met istirahat salam.......

    BalasHapus
  26. Kapdec - Interactive maths tuition from Live US Grade teachers. Join Kepdac math online learning Program, course cover CBSE class 5 to class 12 video lectures, previous year paper with solutions.

    BalasHapus

"Blog DOFOLLOW - Jadilah Orang pertama yang memberikan komentar. Budayakan Berkomentar setelah membaca". Berikan Komentar anda,. Komentar anda sangat berguna bagi perkembangan blog ini. Terima kasih.