Jumat, 06 April 2012

Menjadi Blog Tak Jelas pun Ternyata Sulit

Menjadi Blog Tak Jelas pun Ternyata Sulit - Pengunjung adalah denyut nadi dari sebuah blog, tanpa pengunjung maka sia-sia lah apa yang ditulis. Menciptakan sebuah blog sama halnya seperti seorang produser mempopulerkan seorang artis. Semakin populer maka akan semakin banyak penggemar, begitu hal nya sebuah blog, semakin populer maka akan semakin banyak pengunjung.
 Begitu pentingnya seorang pengunjung terkadang seorang blogger rela membolak-balik google search untuk menjawab reaksi pengunjung, demi reputasi agar tidak mengecewakan pengunjung. Mengumpulkan keyword untuk menjaring pengunjung, blogwalking, share habis-habisan ke social media, mengikuti berbagai forum dan entah apalagi. Semua itu dilakukan agar blog ramai dan mendapat banyak pengunjung.
Mendapatkan banyak pengunjung ibaratnya menjaring ikan, semakin rapat jaring yang digunakan maka akan semakin banyak ikan yang terjebak, sebaliknya semakin banyak jaring yang bolong akan semakin banyak ikan yang lolos. Logikanya, semakin banyak artikel yang masuk di search engine akan semakin banyak pula pengunjung yang masuk.


Oleh karena itulah, banyak blogger yang lebih suka membuat blog yang bertemakan news dan entertainment dengan entri-entri populer yang lagi ngetrend saat itu. Melihat apa yang sedang populer di Televisi yang kemudian diposting ke blog. Karena memang kebanyakan publik akan mencari apa yang sedang populer saat itu.

Kendalanya, blog seperti ini harus diupdate setiap hari, mau tidak mau sempat ga sempat ada duit ga ada duit harus nongkrong didepan komputer setiap hari untuk mengupdate info-info terbaru. Karena bisa saja info yang lagi ngetren kemarin sudah basi dan tidak dicari lagi, sehingga bisa menyebabkan blog kembali sepi kayak kuburan.

Bagaimana blog bisa bertahan???
Seorang blogger biasanya memposting artikel yang bersifat permanen dicari, misalnya tips dan trik blogging, download software dan lain sebagainya. Sehingga mengakibatkan sebuah blog dinilai gado-gado dan tidak jelas temanya. Seperti blog saya ini, sangat-sangat tidak jelas. Kalau anda lagi galau silahkan ke blog saya biar saya timpuk pake kutang, haha(ohmayGATT, ini mulai ga jelas banget).

Tapi untuk menjadi yang tidak jelas pun itu ternyata sulit pemirsa (hew... Gaya presenter kelas teri). Terkadang kehabisan ide buat update blog. Apalagi TV dirumah tinggal kardusnya, rasanya pengen cakar-cakar tower atau ku gigit aja tuh kardus TV. Padahal blog ini sudah berusia dua tahun lebih tapi ga pernah populer, ibarat bunga gugur sebelum berkembang. Pasti diantara rekan-rekan ada yang nyesel udah nyimak dari tadi, tapi udah terlanjur baca pasti dibaca sampe akhir.

OK, saya lanjutkan.
Karena kemaren sempat dibanned dari google karena gejala ripway.com akhirnya gue milih cuti dari dunia blogging selama sekitar satu abad lebih (hew....ga kelamaan tuh). Apalagi warnet gue udah dijual, otomatis mau ngerogoh kocek dulu buat online. Sementara gue paling males kalo online cuma dalam hitungan menit, biasanya seminggu, hoho... Pikir-pikir bisa tekor kalau online terus, akhirnya blog ini terbengkalai. Inilah yang menyebabkan alexa rank gue kamarin merosot hingga 22jutaan.

Tapi ada satu yang bikin gue bangga sama blog gue ini, meskipun seburuk-buruk rupanya, blog ini pernah memenagkan sebuah lomba blog tingkat Kabupaten did aerah gue yang diadakan oleh kampus gue didukung oleh Bupati OKU dan disponsori oleh Telkomsel, berkat tulisan gue yang ini berhasil memperoleh juara 2 dalam lomba tersebut. Meski hadiahnya ga gede2 amat, tapi gue bangga sama tropinya.
Ini dia screen shot nya...
Ngeliat ini, jadi kangen Kampus, hiks...

Mengingat inilah, gue jadi ingin mengangkat kembali blog ini, meskipun kadang-kadang bingung mau posting apaan, hingga posting nya sembarangan yang akhirnya menjadi blog yang tidak jelas. Just wanna write who I wanna write. Ternyata Ngeblog itu susah-susah gampang.

Maka dari itu saya sangat mengharapkan sekali dukungan dari rekan-rekan blogger semua dalam mengembangkan blog ini.
Salam Blogger.

Baca Artikel Menarik Lainnya:

24 komentar:

  1. hehehe.... gado-gado kayak punya saya mas...hahayyy...yg pentinf smangat terusssss

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asli, sama kayak punya gue, gado-gado lontong, smangat bro...

      Hapus
  2. wahh pernah menang ya sob, kayak saya harus banyak belajar dari sobat satu ini... salam semangat kawan...!

    BalasHapus
    Balasan
    1. thankyou kawan, kita sama2 belajar...

      Hapus
  3. Keep Spirit Brow...Gue Juga Gado-gado,tapi gue batasi menjadi tiga niche aja,Marmer,Enterpreneur dan Blogging,Eh...adalagi PNPM,masalahnya warga PNPM itu langganan gue tetap....jadi sedikit share juga dikit....ha..ha..ha...

    BalasHapus
    Balasan
    1. mantap sob, lanjutkan ... yang penting isinya dapat bermanfaat bagi orang lain...sudah cukup

      Hapus
  4. Sebetulnya masalah konten blog itu suka² yang membuat blog sob. Jika saya belajar pada para blogger yg sudah lama ngeblog (minim 3 taun), sepertinya justru blog mereka isinya kebanyakan gado². Artinya gado² menurut saya, selalu ada konten opini, news, tips atau trik sesuai kemampuan si blogger.

    Yang terpenting menurut mereka sih, pada kontinyuitas posting artikel. Lama² blog juga akan populer dan ber-PR tinggi. Ini kalau mau sabar. Tapi jika yg ga sabar itu, khan pinginnya cepet populer dan cepet dapet PR tinggi di blog-nya. Tapi setelah itu blognya jadi ga terurus, alias selama berbulan↓ ga posting lagi.

    Jika ingin membuat blog bertema khusus, ya harus memiliki blog lebih dari satu. Tapi kembali lagi pada kemampuan mengelola blognya. Kalau bagi saya, satu blog saja sudah jarang sekali update dan blogwalking, apalagi banyak blog. Kecuali mereka yg melakukan monetize pada blognya, kemungkinan besar blognya pasti banyak... Ini cuma opini saya sih

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah, komentarnya super sekali saya suka ini. itulah masalahnya sobat, satu blog aja terkadang macet2 postingnya, apalagi banyak blog wah bisa mati suri... jadilan blog gue ini gado-gado...haha...mendingan artikel2 itu dikumpulin jadi satu blog kan bisa mendongkrak PR. . .
      tapi kemaren smpat off bukan karena artikel nya, tapi karena dibanned dari google ga bisa ngatasin, jadi males deh,,,tapi alhamdulilah sudah ketemu jalan keluarnya, jadilah blog gue yang sekarang yang kumuh ini... hehe

      Hapus
  5. Ds juga gado2 kang, tapi enjoy aja hehehe.. hobi ane soalnya. apa lagi bisa membuat orang senang dengan apayang mereka dapatkan dari blog kita . menjadi kepuasan batin tersediri untuk DS pribadi.

    salam dan suport dari DS

    mudah2an blog akang jug akedepannya bisa lebih maju dan berkembang :)

    BalasHapus
  6. amin, dukungan dari sobat semua sangat saya harapkan...

    BalasHapus
  7. blog ane juga masih asal2an,, karna dulu awalnya buat iseng2 doang.. tapi mudah2an bermanfaat untuk pembaca..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sob, kita semua mengharapkan agar blog kita berguna bagi pembaca... thanks

      Hapus
  8. wah emang sob bikin blog udah harus punya planning mau dibawa kemana ntar isi" blognya dan mau diisi apa saja!!
    tapi kadang ditengah jalan kita merasa isi blog yang pernah kita share jauh dari apa yang sedang trend saat ini....

    BalasHapus
    Balasan
    1. itulah yang kadang2 menghambat kita sob, thanks buat respon nya

      Hapus
  9. apa benar tuh sob,,sobat mau vakum dulu selama 1 tahun...!!!
    semoga aja jgn sob,,sempatkan lah sedikit untuk ke blog saya,,,saya mendukung blog sobat dan sobat mendukung blog saya..!!!

    bener tuh kata sobat "byk yng memostingkan artikel populer yang lagi ngetrend saat itu..!!!
    seperti saya tentang Indonesian Idol,,,emg sepi sih klo memostingkan itu..!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini asli ga nyambung, siapa yang mau vakum, tapi ga pa pa deh...

      Hapus
  10. yg penting ide sendiri mas.. :p

    http://cupitong.com/2012/04/semangat-membaca-turun/

    BalasHapus
  11. ceritanya sangat pas banget nehhh :D
    halahhh blog saya juga gado-gado kang,:D
    biar gak populer kaya artispun yang penting kita tetap semangat donk,,,iyo ra?? :D
    itu yang dapet 22 juta selamat ya kang :) kapan ane dapet uang sebanyak itu (masih mimpi kali yeeee :D)
    lanjutkan kang, saya sukaa deh sama cerita cerita anda :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentarnya sangat bagus, tapi itu yang 22juta kayaknya agak gak nyambung ya... haha

      Hapus

"Blog DOFOLLOW - Jadilah Orang pertama yang memberikan komentar. Budayakan Berkomentar setelah membaca". Berikan Komentar anda,. Komentar anda sangat berguna bagi perkembangan blog ini. Terima kasih.