Jumat, 04 Mei 2012

10 Tips Mengemudikan Mobil di Jakarta Saat Lalu Lintas Padat

10 Tips Mengemudikan Mobil di Jakarta Saat Lalu Lintas Padat - Tips ini ditujukan bagi seluruh pengendara mobil di Jakarta saat terjebak kemacetan , lalu kenapa tips ini hanya spesifik dengan lalu linta mobil-mobil Jakarta ?
Yuk kita simak ulasan berikut tentang fakta lalu lintas mobil Jakarta.


Jakarta adalah kota metropolitan dengan aktivitas penduduknya yang padat. Tentunya Transportasi adalah hal penting untuk mendukung aktivitas kita , akan tetapi sarana transportasi umum di Jakarta masih belum di Optimalkan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Oleh sebab itu banyak yang lebih memilih kendaraan pribadi seperti motor atau mobil di Jakarta, akan tetapi lalu lintas di Jakarta sangat padat hingga menyebabkan kemacetan parah di mana-mana ,kini Jalanan macet merupakan hal yang lumrah di setiap sudut jalan Jakarta. Jadi tentu mengendarai mobil di Jakarta berbeda dengan kota lain yang lalu lintasnya tidak sepadat Jakarta.

Berikut adalah 10 tips mengemudikan mobil di Jakarta saat lalu lintas Padat.
  1. Di Jakarta tentu banyak bertemu dengan pertigaan tanpa lampu merah, maka jangan berhenti tepat di jalan pertigaan (entrance/junction)  tersebut, atau menutupi jalur pertigaan tersebut yang bisa menyebabkan kemacetan bertambah parah. Namun jalankan mobil jika memang jalur tersebut telah kosong.
  2. Selalu berhati-hati mengendarai mobil di Jakarta karena penduduk Jakarta masih terkesan selalu terburu-buru lebih baik lambat asal selamat
  3. Usahakan mengendarai mobil lebih terkendali baik dari pengereman atau lajur kopling, karena dominasi pengendara Mobil Jakarta saat ini lebih banyak yang tidak mementingkan peraturan lalulintas.
  4. Saat di tanjakan gunakanlah , rem tangan agar tidak tergelincir atau mobil bisa mundur Pindah Gigi satu Lepaskan Pedal Kopling barengan dengan kita tekan Gas Perlahan saja.
  5. Menjaga jarak aman, dua – tiga meter merupakan jarak yang ideal, walau tetap harus menyesuaikan. perhatikan khusus pada bagian ban mobil depan yang sedang kita ikuti, atur jarak secara proporsial.
  6. Di Jakarta kadang kemacetan di sebabkan oleh banjir , jika itu terjadi tekan pedal gas diatas normal untuk menghindari air masuk ke dalam knalpot dan posisikan gigi (gear) mobil Anda di gigi 1, pertahankan kecepatan yang stabil dengan memainkan kopling Anda (jika mobil Anda manual).  
  7. Selalu waspada, dengan secara reguler mengecek spion, di setiap bagian, perhatikan para pejalan kaki, kendaraan lain di kiri dan di kanan. Bersamaan dengan itu pastikan kontrol laju mobil yang Anda kendarai.
  8. Dahulukan pengendara lain yang ingin masuk jalan dari jalur lainnya .
  9. Cari rute lain, banyak alternatif jalur lain di Jakarta untuk menghindari kemacetan di ruas-ruas jalan tertentu.
  10. Agar irit BBM jagalah putaran mesin. Rata-rata mesin bensin bekerja optimal di putaran 2.500-3.500 rpm – tempat torsi maksimal berada. Aturlah perpindahan gigi supaya putaran mesin berada di angka itu. 
Secara sederhana tips aman mengendari mobil di Jakarta saat jalanan macet ialah:
  • Selalu mengecek spion kanan kiri dan arah belakang.
  • Tetap tenang dan jangan terburu-buru.
  • Jaga jarak aman dengan kendaraan sekitar kita dan selalu waaspada.
  • Dan yang terpenting selalu utamakan keselamatan saat mengendari mobil di Jakarta
Ya itulah 10 tips mengemudikan mobil di Jakarta saat lalu lintas Padat. Semoga tips ini bermanfaat bagi Anda yang mengendarai mobil di Jakarta.

NB: Artikel ini dikirim oleh Rekan Iqbal Maulana.

 

Baca Artikel Menarik Lainnya:

0 Komentar:

Posting Komentar

"Blog DOFOLLOW - Jadilah Orang pertama yang memberikan komentar. Budayakan Berkomentar setelah membaca". Berikan Komentar anda,. Komentar anda sangat berguna bagi perkembangan blog ini. Terima kasih.