Selasa, 18 September 2012

7 Tips Aman Agar Terhindar Penipuan Toko Online

7 Tips Aman Agar Terhindar Penipuan Toko Online - Perkembangan teknologi menuntut semua mudah dan praktis. Gaya hidup anda yang hobi belanja pun ikut terbawa dalam nuansa era globalisasi teknologi. Pernahkah anda berbelanja online?

Toko Online saat ini memang sudah bagaikan jamur di musim hujan, begitu banyak bertebaran hingga sulit menemukan toko online yang terpercaya dan aman. Sudah banyak Toko online palsu yang bertebaran dan meresahkan para konsumen. Lalu bagaimana agar terhindar dari penipuan online ?

Simak tips agar terhindar penipuan toko online berikut ini :

1. Riset Toko Online

Lakukan pengamatan atau riset mengenai alamat situs yang menyediakan toko online, anda bisa melalui halaman kontaknya dengan mengecek alamat,nomor Handphone ,YM,dll.

2. Waspada terhadap Data Pribadi !!!

Jangan terlalu mudah memberikan data pribadi anda,seperti KTP,SIM,Kartu Kredit,ATM,Rekening,dan Nomor HP anda.

3. Cek Selisih Harga

Ada baiknya anda juga cek harga yang tertulis di website dengan yang ada di toko kota anda. Lihat perbandingan harganya, terpaut jauh atau tidak. Jika terpaut jauh lebih murah justru Anda patut hati-hati karena biasanya penipu Online mengiming-imingi pembelinya dengan harga yang murah.

4. Perhatikan “Term & Agreement”

Setiap situs toko online pastinya mempunyai kebijakan/peraturan, perhatikan dengan teliti mengenai maksud dan isinya. Tanyakan juga kalau perlu jika barang cacat sampai diterima itu bagaimana kebijaksanaannya. Tanyakan apakah sistem belanjanya ada bukti yang dikirim via email dan print.

5. Perhatikan Saat Order

Pada saat anda klik order/beli , perhatikan pada browser bar, apakah ada gambar tanda seperti kunci gembok/secure, hal ini penting karena merupakan jalur aman ( secure area ). Gunakan password yang berbeda di setiap transaksi, hal ini untuk mengantisipasi adanya pencurian data.

6. Cara Transaksi yang Aman

Dalam transaksi biasanya tiap toko online akan menawarkan berbagai cara, contoh via : kartu kredit,Paypal,Transfer langsung via bank,dll. jika anda belum berpengalaman lebih baik menggunakan transfer langsung, atau Via Rekening Bersama yang biasa di singkat RekBer.

7. Perbanyak komunikasi dengan penjual

Sebelum melakukan pesanan, coba kontak dulu penjual secara personal, baik chat, SMS atau Telepon. Lihat respon penjual, ini juga bisa menilai apakah info kontak yang dipasang palsu atau tidak. Dan ingat untuk minta nomor resi pengiriman bila barang sudah dipesan, dibayar dan dikirim. Biasanya menggunakan Tiki dan JNE, degan nomor resi ini barang yang dikirim bisa dilacak keberadaannya. Hati-hati dengan penjual yang tidak mau memberikan nomor resi barang yang diirim.

Semoga 7 Tips Aman Agar Terhindar Penipuan Toko Online ini bisa membantu Anda dalam melakukan transaksi online atau berbelanja dari toko online.

Baca Artikel Menarik Lainnya:

11 komentar:

"Blog DOFOLLOW - Jadilah Orang pertama yang memberikan komentar. Budayakan Berkomentar setelah membaca". Berikan Komentar anda,. Komentar anda sangat berguna bagi perkembangan blog ini. Terima kasih.