Jumat, 30 Maret 2012

Cara Mengatasi Blackberry yang Tidak Bisa Digunakan BBM an


Cara Mengatasi Blackberry yang Tidak Bisa Digunakan BBM an - Sebelum anda menindak lanjuti Blackberry anda yang tiba-tiba tidak bisa digunakan untuk BBM-an silahkan baca terlebih dahulu petunjuk berikut ini. Lihat tampilan sinyal blackberry anda, apakah sama dengan penjelasan berikut ini:
1. Apakah tampilan sinyal anda menunjukkan SOS berwarna merah dan tidak ada sinyal sama sekali, jika iya silahkan baca Artikel Ini.
2. Jika Tampilan Sinyal anda berupa edge atau 3g kecil, atau 3G besar tapi tidak ada lambang BB nya, silahkan Baca Artikel yang Ini.

Jika Kedua Langkah diatas masih belum bisa membuat BlackBerry anda bisa digunakan untuk BBM-an, kemungkinan jawabannya ada di bawah ini. 
BlackBerry yang tidak bisa digunakan untuk bbm an biasanya dikarenakan PIN Blackberry yang tersuspend dari pihak RIM. Untuk Penjelasannya, silahkan baca Keterangan dibawah ini secara seksama:

1.Apa sih PIN itu ?

  • PIN di BB itu adalah penanda unik yang membedakan BB milik kita dengan BB milik orang lain.
  • PIN itu hampir sama kayak IMEI
  • PIN itu hampir sama kayak YM id … bisa dipake utk ngobrol dengan PIN BB yg lain
 Buat apa sih PIN itu ?

  • PIN dan IMEI BB adalah sama seperti “Username” dan “Password” kita untuk LOGIN atau CONNECT …
  • LOGIN / CONNECT ke mana ? Ke “blackberry.net” alias ke RIM … servernya Blackberry biasanya kita belix perpaket harian/mingguan/bulanan
  • Kalau bisa LOGIN / CONNECT, maka tulisan di BB bukan “GSM / gprs kecil / edge kecil” tapi “GPRS / EDGE”
  • Kalauyg udah 3G ada tulisan 3G + logo BB, klu cuman 3G aja tanpa logo BB itu artinya blom conect.
  • Untuk berinternet dari BB saja (browsing, chatting), PIN tidak perlu didaftarkan ke [operator].blackberry.com
  • Pendaftaran PIN + IMEI ke [operator].blackberry.com itu hanya untuk PUSHMAIL.
Apa itu PIN SUSPEND & Gejalanya?

  • Artinya kita gak ada ijin untuk masuk “blackberry.net” atau nga bisa ber internet an
  • BB msh bisa buat internet, tapi kayak biasa … kena tarif GPRS (padahal kita udh beli paketnya).Caranya: Setting di “Options – Advanced Options – TCP” … nah tinggal masukin APN – Username – Password sesuai Operator masing2
  • BB msh bisa buat nelpon n SMS
Apa sih Penyebab PIN Suspend ?

  • BB diperdagangkan secara “ilegal”
  • BB dilaporkan sebagai barang curian telah di laporkan sebelumnya oleh yg pny BB bhw BBx ilang/ lenyap
  • Rim dari BB pny alasan khusus untuk me SUSPEND pin tersebut.
Amankah PIN anda?
  • Masukkan SIM card yg udah aktif layanan BB nya
  • Buka [operator].blackberry.com dari BB/PC atau pilih icon “Email Settings” di BB
  • Pilih “Create New Account”
  • Lalu Masukkan PIN dan IMEI
  • Kalau sudah aman langsung masuk ke menu, tp klu SUSPEND “PIN is Suspended"
Cara lain untuk mengecek PIN blackberry kita aman atau tidak, perhatikan waktu membeli :

Cocokkan imei dan PIN di stiker bagian belakang dekat batere dengan imei di dalam unit yang dapat kita cek ketika blackberry menyala ( tekan alt+A+H bersamaan), bila tidak sama, bisa dipastikan PIN nya merupakan cloningan ato generate. bila sama, maka saya lanjutkan ke langkah kedua.
Dengan mengecek IMEI dengan bantuan website pengecekan imei internasional, yaitu di International Numbering Plans, © 2001-2012 disana kita dapat memasukkan imei yang tertera di unit blackberry kita, disana akan menunjukkan kalo imei yang kita masukkan terdaftar resmi (bisa dipastikan PIN atau IMEI kita bukan merupakan generate dari tangan² “kreatif “), dengan ada nya data jenis handset dan sebagainya.
Tapi klu respons dari server seperti ini “Note: Please check the IMEI number. The entered number is invalid. [Err 901]“, maka bisa dipastikan bila blackberry anda menggunakan PIN dan IMEI generate dan bersiaplah sewaktu2 jika PIN anda ter SUSPEND.Ciri Ciri Blackberry Yang di Cloning
Ini dia ciri ciri Blackberry yang telah di cloning dan aktif bersamaan,

Karena terjadinya double PIN, layanan akan bentrok.
Bisa menggunakan Blackberry Messenger tetapi kadang kadang error
Email Push juga bermasalah jadi kadang tidak login
Browser lumpuhPIN Generate Beda dengan PIN Cloning
Ada juga ahli Blackberry yang suka iseng untuk membuat nomor PIN cantik dan merobah pin BB mereka dengan software yang sama dan create atau generate PIN nomor cantik.
Setelah generate PIN, mereka dapat menggunakannya BBM seperti biasa. Tetapi, cara mainan ini tidak akan tahan lama karena RIM secara otomatis mengecek servernya dan akan menghapus PIN yang bukan resmi dari mereka dan BBM tidak dapat digunakan lagi.
bagamana klu ada dua PIN yg sama?
Dua BB yang punya pin yang sama tentunya akan bentrok dan salah satunya tidak dapat digunakan dengan lancar.

Akibatnya PIN SUSPEND

Jadi kalau anda membeli Blackberry yang di cloning berarti Blackberry tersebut sudah pernah diSuspend dan pin cloning tersebut tidak akan tahan lama dan beresiko di suspend kembali.
Blackberry yang dilapor hilang dengan nomor pin dan IMEI akan dicap HILANG ke server RIM yang berlaku ke seluruh dunia maka PIN itu di suspend dan tidak bisa digunakan untuk layanan Blackberry di seluruh dunia.

Jadi tips agar bebas dari BB PIN Cloning dan PIN Suspend adalah :

Beli Blackberry anda dari dealer resmi bergaransi operator atau distributor
Kalau anda harus beli yang bekas, pastikan anda beli dari toko yg memberi garansi bahwa BB anda bebas cloning
Pastikan nomor PIN dan IMEI di blackberry anda sama dengan yang tercetak di kotak. Caranya, buka menu blackberry, ke options -> status
Daftarkan PIN dan IMEI anda dengan Operator lewat Email SettingsUntuk urusan pin + imei blackberry yg sdh diblok oleh pihak RIM

Satu-satunya jalan untuk perbaikan agar pin nya awet dipakai adalah dgn cara mencari type bb yg sama yg telah rusak/hancur (tdk mungkin untuk hidup lagi) tentunya yg imei pin nya masih ori/resmi/valid,... nah kita ambil/pakai tuh pin + imei nya, dgn catatan si imei valid tadi dipakai pada jenis bb + type yg sama. tentunya kita hrs tahu di operator manakah pin tsb terakhir di daftarkan/digunakan.
logikanya adalah menurut saya dipastikan tidak akan terjadi double pin yg aktif
hanya cara ini yg saya lakukan untuk menangani pin suspend... bisa dikatakan "cloning off difficult" atau "one clone to die" kenapa demikian, karena salah satu hrs dimatikan/tdk dipakai & untuk mendapatkan bb yg rusak/hancur itu sulit/jarang sekali. (Silahkan Klik Disini untuk Cara Mengkloning)
Cara ini sdh saya lakukan pada puluhan bb bahkan lebih, kurang lebih satu/dua tahun yg lalu dan sampai saat ini .. belum ada kabar dari para user yg komplen pada saya.. bahwa pin nya suspend lagi.
Yang terpenting adalah berpikir dulu & Anda harus tahu tentang Blackberry PIN (Personal Identifikasi Number) yg sudah dijelaskan di halaman atas thread ini.
Bisa saya katakan juga PIN adalah sama dengan KTP Anda, jangan pernah membeli Blackberry yang memiliki PIN pd posisi diblok (SUSPEND). Mungkin pada satu saat Anda tidak punya uang untuk membeli yang baru, dan Anda membeli yang second/bekas. Hati-hati..!, yg pertama kali selalu hrs cek status PIN.

Ada sedikit tips untuk mengetahui tentang Blackberry PIN IMEI :

Pada layar menu Home, klik ikon PILIHAN / OPTIONS
Selanjutnya Klik STATUS
Ini adalah cara pintas, tekan bersamaan tombol, ALT + CAPS + H
Tampilan akan menunjukkan HELP ME yang memenuhi Vendor ID, PIN dan IMEITrik ini untuk mengetahui status timer masa pakai Blackberry:

Pada layar menu klik PILIHAN HOME
Lalu pilih Jenis BUYR
Selanjutnya akan ditampilkan DATA & VOICE PENGGUNAAN. Jika nilai adalah 0, berarti blackberry masih dalam kondisi baru/belum pernah digunakan. Jika nilai tidak 0, berarti blackberry berada pada posisi second/bekas.
Sumber: http://blackberryprogram.blogspot.com/2011/09/penjelasan-tentang-pin-suspend-tips.html

Baca Artikel Menarik Lainnya:

24 komentar:

  1. mas, saya pakai BB kakak saya yg sudah mau setahun lebih ga dipakai, dulu waktu kk saya pakao, baik2 aja, tp skrng saya yg pakai BBmnya gak mau jalan. apa pinnya ke suspend?

    BalasHapus
  2. saya dah hampir setahun pke bb
    tpi stelah bb saya off sekitar 2 bulan
    wktu mau on ..
    tidak bisa on ..
    dan internet nya jga ngga jalan
    cara perbaiki nya gmna yaa ?

    BalasHapus
  3. mas,seminggu yg lalu sy buka batt,pas dihudupin lagi bb saya minta blackberry id+password,pas saya masukin email sy gagal terus,smp 3 hr bb sy off,pas sy ke indosat minta kartu baru dgn no.sy yang lama bb bisa idup lagi,langgana paket BIS dan internet bisa, tapi kok bbm ga bisa(tiap add orang pending mulu),Logo 3G angka besar,dan signal penuh terus..kenapa ya mas bb saya ga bisa BBM?solusinya gmn?Thanks Before

    BalasHapus
  4. mas nie BB saya sinyal nya udah 3G + ad gmbarr lambang BB tpi kok ttp gx bsa BBM, FB ,TW pkoknya gx bsa internetan itu gra2 ap ya ??

    BalasHapus
  5. waduuh BB sya malah gag bisa di apa2in

    BalasHapus
  6. kaka terima kasih atas bantuan nya ,, BB aku sekarang bisa invite teman n bisa BBM'an ,makasih kaka informasinya , mudah-mudahan kaka cepat naik HAJI , AMIN YA ALLAH

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gmana carnya kok bisa nginvite sma invite lgi..punyaku gk bisa di invite sma nginvite ini

      Hapus
  7. Mas, bb lama kan aku jual, lalu si pembeli minta bb id ku dg alasan untuk masuk bbm. Aku uda bilang kl itu bakal narik semua data ku, tp dia kekeuh dan ngeyakinin aku buat ngasi bb id ku. Sekarang bb ku yg baru, gak bisa di buka bbm nya. Lalu gimana ya mas solusinya?

    BalasHapus
  8. gan mau tanya nich, pin bb yang kena suspend apa masih bisa di buat brosing???

    BalasHapus
  9. selamat sore agan, knp kok tiba tiba bbm saya jd gak bisa menerima sementara kalau mengirim pesan bisa . saya sudah coba tes diagnostik tp blackberry pin pinnya tertulis tidak

    BalasHapus
  10. Malam kak, ni mau nanya bb saya 9220 kenapa gk bisa bbm kalau saya buka bbm nya slalu muncul user name nya, mungkin bekas saya masukin password nya yg salah sebanyak 10 kali trus solosi nya ge mana kalu boleh tau

    BalasHapus
  11. Ganti Samsung aja sekarang tidak Lama Lg Pin BB ada Di Samsung

    BalasHapus
  12. seminggu yg lalu krtu sim ane ilang, trus ane mnta lgi ke provider dgn no yg sma, trus ane pketin. eh bbm dkk di bb ane gak bisa jalan. di twitter ada tulisan "BWP security token retrieval failed". klo kya gitu pin suspend ato bkan mas? klo bkan tlong ksih solusinya iya mas :D
    jwbannya kirim via email aja mas, mframadhan017@gmail.com

    makasih :D

    BalasHapus
  13. Gan sy baru beli BB montana masih blm bisa brwosimg n' BBM'n. Smpe saat ini' padaha udah ful cervis

    BalasHapus
  14. Kalo BBM syaah lemot banget gabisa di apa"in karena ad orang yg iseng bget yang masukin sayah ke gruup ga jelas pada lemoy BBM sayh
    Dah sayah sudah tinggalin obrolan eeehmasi tetep ajah engga biisa

    Gmnah tuh solusi'a ??

    BalasHapus
  15. Hp saya bb onyk 2 saya tidak bisa bbmn krn tidak ada logo bb pd smping sinyal cuma sinyal sma hurup 3G besar . sudh berbagai cara dari cabut batre. Pmncingan jaringn manual. HRT segala bla..bla..bla... Smpai operator pun tdk bisa menyelesaikan sya tanya k'oprtor tntng pin susspend .. Pin hp sya pun aman .. & sya coba pasang sim sya di hp bb temen ternyata lancar internet bisa bbmn pun lancar logo bb do smping sinyalpun ada berrti hp sya yg bermasalah kira2 apa yg rusak yah ada yg tau gak apa yg hrus di perbaiki pd hp bb sya mohon bantuan nya. . terimakasih..

    BalasHapus

  16. Hp saya bb onyk 2 saya tidak bisa bbmn krn tidak ada logo bb pd smping sinyal cuma sinyal sma hurup 3G besar . sudh berbagai cara dari cabut batre. Pmncingan jaringn manual. HRT segala bla..bla..bla... Smpai operator pun tdk bisa menyelesaikan sya tanya k'oprtor tntng pin susspend .. Pin hp sya pun aman .. & sya coba pasang sim sya di hp bb temen ternyata lancar internet bisa bbmn pun lancar logo bb do smping sinyalpun ada berrti hp sya yg bermasalah kira2 apa yg rusak yah ada yg tau gak apa yg hrus di perbaiki pd hp bb sya mohon bantuan nya. . terimakasih..

    BalasHapus
  17. Mas bb saya kenapa tiap nge bm org slalu dlv, tp pas org mw blas slalu silang. Padahal dia udah blas bm sya, intinya bbm sya gak bs dgunakan padahal udah sy ganti email bru

    BalasHapus
  18. Gan tolong kasih solusi. Sya beli bb di tmen 9300 kepler . Trs saya wipping ulang kan otomotis datanya ksong seperti hp baru. Tp ada masalah di sni setiap saya mau masuk ke bbm . Kan biasanya klo udah di wipping masuk bbm trs ngisi email buat log in . Tp ini engga gan. Udah msuk ke bbm tnggl ngisi nama pengguna atau nama bbm kita udah saya wipping berkali" tp msh aja seperti itu udah msuk Tanpa log in seperti itu. Mnta solusinya gan .

    BalasHapus
  19. Assalamualaikum, bang BlackBerry Z10 type stl 100 Saya tidak bisa buat nelpon,cek pulsa,ada keterangan (jalur telpon ''cellular '' tidak tersedia)pilih jalur telepon yang berbeda silahkan hubungi lagi

    BalasHapus
  20. Ane beli bb bekas bb curve 9320 tapi kenapa tidak bisa digunakan untuk bb man padahal sudah daptar tapi gk bisa masuk

    BalasHapus

"Blog DOFOLLOW - Jadilah Orang pertama yang memberikan komentar. Budayakan Berkomentar setelah membaca". Berikan Komentar anda,. Komentar anda sangat berguna bagi perkembangan blog ini. Terima kasih.