Minggu, 21 Februari 2010

Peringatan Phising Reset Password Facebook

Hari ini saya mendapatkan email yang sangat mencurigakan. Seperti biasanya saya selalu memeriksa folder spam hanya sekedar penasaran dengan apa yang dikategorikan sebagai spam oleh yahoo. Terdapat satu Email spam yang sangat menarik pehatian saya, maka langsung saja saya buka.
Email yang berjudul "Facebook Password Reset Confirmation! Suppot Message"




Saya lansung berfikir ini pasti dikirim oleh penggila Chip Poker, sebuah game online di facebook. Karena disitu terdapat lampiran Facebook_details_382.zip yang mungkin sangat berbahaya. Untunglah Anti virus yang digunakan oleh Yahoo mampu mendeteksi adanya virus dalam file zip. 
Inilah screen shoot email yang saya terima: Klik gambar untun memperbesar.
Karena E-mail nya dalam bahasa inggris silahkan terjemahkan sendiri.
Ada beberapa hal yang membuat saya heran selain lampiran yang disertakan, yaitu pengirim nya resmi dari admin facebook. Kemudian Penerimanya bukan email saya yang tercantum (rantoni06@yahoo.co.id) melainkan "mohammad.mukri@yahoo.co.id". Jika email tersebut bukan ditujukan ke email saya mengapa bisa masuk dalam folder spam saya? Tolong bantu ya sobat jika ada yang tahu mengapa.




Penasaran dengan isi lampiran saya memcoba membuka tapi tetap saja Norton anti virus yahoo menghalangi niat saya:

Dari satu sisi saya merasa aman dengan adanya firewall oleh yahoo, tapi dari sisi lain saya juga penarasan dengan file tersebut. Semoga Tidak terjadi apa-apa dengan akun facebook saya ya, coz chip nya juga gak banyak kok. Kembali ke laptop, Penasaran dengan email mohammad.mukri@yahoo.co.id kemudian saya mencarinya di facebook, namun tidak ditemukan adanya akun yang menggunakan email tersebut. Tidak cukup sampai disitu saya mencarinya melalui mbah google. Langsung saja saya masukkan emailnya ke dalam pencarian. 
Dan ini lah hasilnya:
Pada pencarian paling awal terdapat pada situs friendster, namun ketika saya buka, Adu.....h... berat sekali, sampai akhirnya komputer saya ngehank dan tak restart. Aduh ada apa ya??? Tak tahulah Kapok saya.

Sampai tulisan ini dibuat, saya lagi sibuk-sibuk nya menerima email spam dari situs Iklan baris yang saya buat. Sepertinya ini dilakukan dengan sengaja. Isi nya sungguh tidak jelas. Inilah Screen Shot nya:


Duh, banyak sekali serangan ke email saya. Belum lagi serangan blok iklan baris gratis saya. Saya saranin ke teman-teman yang ingin pasang iklan baris gratis tolong isi kodenya dengan benar ya biar gak dideteksi sebagai spam, Baik disengaja maupun tidak disengaja.

Isi spam email saya:

Baca Artikel Menarik Lainnya:

0 Komentar:

Posting Komentar

"Blog DOFOLLOW - Jadilah Orang pertama yang memberikan komentar. Budayakan Berkomentar setelah membaca". Berikan Komentar anda,. Komentar anda sangat berguna bagi perkembangan blog ini. Terima kasih.